Keunikan 5+ Contoh Penerapan IoT dalam Kehidupan Sehari-hari

IoT atau kepanjangan dari Internet of Things merupakan salah satu fitur canggih yang bisa Anda gunakan pada kehidupan sehari-hari. Contoh penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam, seperti mengendalikan alat-alat rumah tangga yang terhubung dengan jaringan internet.

Lantas, apa saja kemampuan lain dari IoT yang bisa Anda gunakan di kehidupan sehari-hari? Di bawah ini merupakan penjelasan lengkap untuk fungsi dari IoT dalam rumah tangga. Simak!

Contoh Penerapan IoT dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini merupakan contoh-contoh dari penggunaan sistem Internet of Things pada kehidupan Anda. 

1. Smart Home

Salah satu fungsi utama dari IoT adalah untuk menambahkan sistem keamanan dan juga efektifitas terhadap penggunaan barang-barang rumah tangga. Anda bisa menggunakan sistem ini untuk mengatur AC dari jarak jauh, mengontrol penggunaan lampu, hingga kontrol penggunaan peralatan lainnya.

2. Smart Office

Selain itu, contoh penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari lainnya adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan karyawan kantor. Anda dapat membuat smart office dengan sistem IoT otomatis untuk mengontrol sistem pencahayaan dengan sensor khusus yang dapat mendeteksi pergerakan manusia. 

3. Smart City

Nyatanya, penggunaan Internet of Things dapat membantu perkembangan kota dengan memanfaatkan teknologi canggih dari IoT. Penggunaan teknologi canggih ini dapat meliputi pengaturan lalu lintas otomatis, parkir cerdas dengan sensor canggih, hingga akses transportasi umum yang terhubung secara real time.

Kecanggihan dari IoT untuk sistem tata kota ini dinilai dapat meningkatkan kenyamanan warga dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, penggunaan teknologi ini dapat menjadi salah satu opsi untuk mengembangkan kota menjadi lebih baik.

Baca Juga: 10 Contoh Aplikasi Cloud Computing yang Wajib Anda Coba

4. Smart Driving

Fungsi dari Internet of Things tidak hanya berfokus pada rumah dan kantor. Namun, Anda juga bisa menikmati kecanggihan teknologi ini untuk berkendara. Bagaimana bisa? Faktanya, contoh penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari selama Anda berkendara dengan menggunakan berbagai opsi aplikasi penunjuk arah.

Aplikasi seperti Google Maps, Apple Maps, dan juga Waze merupakan contoh-contoh IoT yang bisa Anda gunakan selama berkendara. Tetapi, ada juga opsi lain yaitu penggunaan sensor cerdas pada kendaraan yang dapat mendeteksi jarak tertentu dari kendaraan lainnya.

5. Smart Parking

Selanjutnya, fungsi dari Internet of Things yang dapat membantu efektivitas kehidupan sehari-hari adalah sistem smart parking. Teknologi parkir pintar ini menggunakan sebuah sensor yang akan mengirimkan data secara real-time untuk membantu pengemudi menemukan space parkir. 

Penggunaan sistem ini dapat mengurangi waktu pengemudi untuk mencari lahan parkir dan juga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas. Oleh sebab itu, smart parking dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga lingkungan dari emisi karbon berlebih.

6. Smart Security

Smart security merupakan sistem keamanan otomatis yang dapat Anda gunakan untuk menambah keamanan gedung mulai dari rumah, kantor, garasi, hingga gedung besar. Sensor pintar yang terdapat pada IoT smart security mampu dengan akurat mendeteksi pergerakan mencurigakan yang berpotensi bahaya.

7. e-Tilang

Sistem tilang terbaru yaitu e-Tilang sudah menjadi hal yang lumrah bagi kalangan masyarakat. Faktanya, sistem tilang ini menggunakan Internet of Things yang terpasang pada kamera pengawas khusus yang terhubung ke internet. 

Selain itu, kemampuan lainnya adalah kamera dapat merekam nomor plat pelanggar lalu lintas dan mengirimkan laporan secara real-time kepada pusat. Kecerdasan kamera ini menjadikan teknologi tilang elektronik menjadi efektif untuk menangkap pelaku pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga: Mengenal Konsep Smart Factory dan Contoh Perusahaannya

Seberapa Efektif Penggunaan IoT dalam Keseharian?

Contoh penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari dinilai sangat efektif untuk membantu perkembangan dan produktivitas masyarakat. Penggunaan kamera pengaman, sensor pada mobil, dan sistem e-Tilang merupakan sebagian contoh dari penggunaan IoT secara maksimal di kalangan masyarakat zaman sekarang.

Tetapi, penggunaan Internet of Things harus terus terhubung dengan jaringan internet. Oleh sebab itu, Anda harus memilih provider internet terbaik seperti Internet Connectivity dari RackH. Anda bisa menikmati beragam keuntungan saat menggunakan internet dari RackH.

Keuntungan yang akan Anda dapat adalah sistem DRC (Disaster Recovery Center), CDN (Content Delivery Network), dan Internet Dedicated. Jika tertarik, ayo segera pakai jasa Internet Connectivity dari RackH yang akan memberikan layanan internet terbaik selama 24 jam!