6 Contoh Produk Digital Unik sebagai Alternatif Ide Bisnis

Dewasa ini, hampir semua hal menjadi sesuatu berupa hal digital. Ada pula barang-barang unik yang menjadi contoh produk digital yang ternyata merupakan pilihan ide bisnis yang unik. Lantas, apa produk digital yang bisa dijual dan cukup menguntungkan bagi Anda? Temukan daftar produk secara lengkap pada artikel ini.

6 Contoh Produk Digital Penghasil Cuan

Produk digital merupakan suatu barang atau jasa yang berupa digital. Jenis produk ini tidak memiliki bentuk fisik, melainkan dapat digunakan melalui sebuah perangkat seperti smartphone atau gadget lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh barang jualan berupa produk digital yang bisa menjadi ide bisnis bagi Anda.

1. Audio Musik

Contoh produk digital yang pertama adalah musik. Musik yang hampir setiap orang mendengarkannya untuk menemani kegiatan sehari-hari merupakan salah satu contoh barang digital yang bisa Anda perjual-belikan. Selain itu, ada beberapa contoh lain dari musik atau produk audio yang bisa menjadi bisnis Anda.

Musisi atau produser musik dapat memproduksi sampel musik, suara latar belakang, efek suara, hingga trek musik instrumental sebagai produk digital. Tetapi, produk-produk tersebut biasanya terikat dengan hak cipta sehingga untuk memilikinya, Anda harus mengurus dokumen tersebut.

2. Rekaman Video

Influencer atau content creator merupakan profesi yang menjual hasil produk digital pada media sosial mereka. Salah satu produk jualannya adalah footage video yang digunakan untuk menyampaikan informasi edukasi dan hiburan kepada audiens.

Banyak audiens memilih untuk membayar sebuah konten video jika isi dari video tersebut cukup bermanfaat. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki kesenangan dalam membuat video, produk digital satu ini bisa menjadi ide bisnis Anda.

3. Foto

Selain itu, produk digital apa saja yang bisa diperjual-belikan? Jawabannya adalah foto. Banyak pengguna situs web yang mencari foto stok untuk keperluan website mereka. Jika tertarik, Anda juga bisa menyebarkan foto-foto terbaik Anda pada laman penjualan foto stok dengan harga yang sesuai. 

4. Aplikasi

Selanjutnya, aplikasi menjadi salah satu contoh produk digital yang bisa menjadi ide bisnis Anda. Ide bisnis satu ini sangat cocok bagi Anda yang seorang software engineer atau programmer

Anda bisa mencoba untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan oleh semua pengguna Android maupun iOS. Aplikasi seperti penyedia foto stok, media sosial, hingga aplikasi permainan menjadi ide bisnis jualan aplikasi yang sangat diminati oleh masyarakat. 

Baca Juga: 7 Alasan Utama Kenapa Harus Punya Website untuk Bisnis

5. Jenis Tulisan Font

Font merupakan contoh produk digital yang menjadi target pencarian bagi banyak pengguna internet khususnya para editor. Anda bisa menciptakan bentuk font yang unik dan menjadi ciri khas dari diri Anda sendiri. Lalu, Anda bisa mengunggahnya pada situs jual-beli font resmi seperti Envato, Dribble, dan Creative Fabrica.

6. E-Book

Selain keperluan untuk editing, ada juga opsi lainnya sebagai alternatif ide bisnis pada era digitalisasi seperti sekarang ini, yaitu penjualan e-book. Buku elektronik atau e-book adalah produk digital yang bisa Anda beli dan baca kapan pun dan dimana pun.

Kemudahan akses dan manfaat dari e-book menjadi alasan banyak sekali pengguna mencari bahan bacaan di situs jual-beli buku elektronik. Anda dapat memulai untuk menulis sesuatu yang memiliki nilai seni atau edukasi dan mengunggahnya pada pasar e-book. 

Baca Juga: 5 Manfaat Blog untuk Aktivitas Individu dan Bisnis, Wajib Tahu!

Pilih Contoh Produk Digital yang Tepat untuk Bisnis Anda!

Pada era digitalisasi seperti sekarang ini, terdapat banyak sekali ide yang bisa Anda gunakan sebagai opsi bisnis. Salah satu pilihan yang tepat untuk bisnis pada era digitalisasi adalah dengan menjual barang atau jasa digital. 

Anda bisa mencoba untuk menjual contoh produk digital seperti aplikasi, tipografi, hingga jual-beli foto stok. Apabila Anda ingin menekuni bisnis modern ini, Anda memerlukan dukungan seperti penggunaan domain untuk tautan Anda.

RackH menyediakan jasa untuk mengamankan nama domain yang bagus untuk website milik Anda. RackH menjamin keamanan dan ketersediaan domain yang sesuai dengan pilihan Anda. 

Gunakan nama yang unik agar dapat menarik perhatian konsumen. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan nama domain milik Anda di Domain Name dari RackH agar tidak diambil oleh orang lain dan dapatkan cuan lebih!