Memahami Konsep Digitalisasi Pendidikan di Indonesia

Pandemi covid-19 telah banyak memberikan dampak terhadap kehidupan masyarakat dunia, khususnya di Indonesia. Banyak aktivitas yang harus dibatasi untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Berbagai inovasi telah dilakukan, termasuk dengan menghadirkan konsep digitalisasi pendidikan di Indonesia.

Adanya digitalisasi dunia pendidikan bertujuan untuk memudahkan proses pembelajaran secara daring. Meskipun pembelajaran berlangsung tidak secara tatap muka, akan tetapi esensi penyampaian materi tetap bisa tersalurkan kepada para siswa.

Pengertian Konsep Digitalisasi Pendidikan

Pengertian digitalisasi di bidang pendidikan adalah sebuah perubahan proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital. Pembelajaran berlangsung secara online dengan memanfaatkan software maupun platform digital tertentu.

Konsep digitalisasi ini tidak lain adalah agar kualitas pendidikan tetap terjaga dan bahkan meningkat. Jadi meskipun pembelajaran berlangsung secara virtual, para siswa tetap mendapatkan materi sesuai kebutuhannya.

Apa Saja Aspek Penting dalam Digitalisasi Pendidikan?

Terdapat beberapa aspek penting agar konsep digitalisasi dalam pendidikan dapat terlaksana secara baik, di antaranya:

  • Pembelajaran abad 21: pembelajaran pada abad 21 tentu harus bisa menyiapkan para generasi muda Indonesia di dalam menyongsong teknologi, komunikasi, serta informasi di era digital
  • Penggunaan teknologi: konsep digitalisasi melibatkan pengaplikasian teknologi, informasi, serta informasi. Misalnya penggunaan platform e-learning serta PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Tujuannya agar tercipta sebuah lingkungan belajar yang efisien dan inklusif
  • Pengembangan SDM: di era digital seperti sekarang, kebutuhan sumber daya manusia berkualitas, mandiri, serta mampu beradaptasi sangat diperlukan. Itulah mengapa pendidikan di Indonesia perlu memperhatikan aspek SDM sehingga dapat mempersiapkan siswa berkualitas untuk menghadapi tantangan digitalisasi
  • Peluang bisnis baru: digitalisasi pendidikan berpeluang untuk menghasilkan bisnis baru. Misalnya layanan PJJ, pengembangan platform belajar, dan sebagainya
  • Transformasi digital: pemerintah Indonesia sudah melakukan akselerasi digitalisasi di bidang pendidikan. Hal ini terwujud melalui program pengembangan infrastruktur digital serta program onboarding UMKM

Meskipun telah menunjukkan hasil positif, namun tentu terdapat beberapa tantangan yang masih perlu untuk diselesaikan. Misalnya terkait kesenjangan akses terhadap teknologi, kurangnya dukungan lembaga keuangan.

Sementara itu, berikut yang bukan termasuk gejala digitalisasi pendidikan adalah keterbatasan internet. Ini memang bukan menjadi gejala dalam digitalisasi, akan tetap harus dianggap sebagai tantangan sehingga proses digitalisasi dapat terwujud.

Solusinya adalah perlu adanya tindakan kolaboratif antara lembaga pendidikan, pemerintah terkait, serta pemangku keberlanjutan digital. Dengan kolaborasi dari pihak-pihak tersebut, penerapan konsep digitalisasi akan memberikan dampak positif sesuai harapan.

Baca Juga: Mengenal Nama Domain yang Digunakan untuk Badan Pemerintah

Apa Saja Contoh Digitalisasi Pendidikan?

Pada dasarnya, konsep digitalisasi adalah bagaimana mengaplikasikan teknologi digital di dalam menunjang aktivitas pembelajaran. Jadi, beberapa hal yang termasuk ke dalam konsep tersebut yaitu:

1. E-learning

Platform yang memudahkan siswa untuk mendapatkan akses terhadap berbagai materi sesuai mata pelajaran. Pada e-learning juga biasanya sudah tersedia soal latihan bahkan soal ujian yang bisa langsung dikerjakan para siswa. Setelah mengerjakan soal tersebut biasanya para siswa juga bisa langsung mengetahui skor ujiannya.

2. Perpustakaan Digital

Sudah banyak sekolah di Indonesia yang menerapkan Perpustakaan Digital. Adanya digital library tersebut memudahkan para siswa yang ingin meminjam buku tanpa perlu repot-repot mengurus administrasi.

3. Layanan Multimedia Conference

Dalam melaksanakan PJJ, conference call merupakan solusi sehingga siswa tetap memperoleh dukungan dari guru. Pemanfaatan conference call tersebut memang sangat bermanfaat karena para siswa bukan hanya mendapatkan materi melainkan bisa langsung berinteraksi dengan guru.

Baca Juga: Nama Domain untuk Pendidikan: Pengertian dan Manfaatnya

Sudah Paham tentang Digitalisasi Pendidikan?

Itulah beberapa penjelasan mengenai digitalisasi pendidikan di Indonesia. Agar pelaksanaan konsepnya dapat berlangsung lancar, salah satu yang harus Anda perhatikan adalah koneksi internet yang digunakan. Maka dari itu, kami merekomendasikan agar Anda memanfaatkan layanan internet dari Rackh.

Rackh merupakan penyedia layanan internet terbaik. Pasalnya, koneksi internet yang Anda dapatkan dijamin cepat, lancar, dan tentunya data-data pengguna internet terjamin keamanannya. Info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Whatsapp Rackh.