Menyingkap Fakta Terkait Dampak Digitalisasi terhadap Kehidupan 

Dewasa ini, semua hal dapat Anda lakukan secara digital, mulai dari berbelanja, belajar, hingga mencari informasi penting yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Era canggih seperti sekarang ini membawa banyak dampak digitalisasi pada kehidupan, baik dampak positif digitalisasi ataupun negatif.

Lantas, bagaimana era virtual sekarang dapat memengaruhi kehidupan Anda? Temukan penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Dampak Digitalisasi 

Sudah menjadi rahasia umum jika era virtual banyak mempermudah kehidupan banyak kalangan masyarakat. Tetapi, perlu menjadi catatan bahwa tidak hanya dampak baik yang bisa Anda rasakan. Ada pula dampak lain yang dinilai dapat merusak tatanan masyarakat. Berikut ini adalah poin-poin penjelasan lengkapnya.

a. Dampak Positif Digitalisasi

Simak penjelasan lengkap terkait efek positif dari penggunaan elektronik pada era virtual di bawah ini. 

1. Peningkatan Kualitas Komunikasi

Penggunaan gadget elektronik memudahkan Anda sebagai pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lain. Komunikasi tidak hanya dilakukan dengan cara bertukar teks, namun Anda juga bisa menggunakan fitur video call

Fitur ini memberikan pengalaman komunikasi yang baik meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Selain itu, kemudahan lainnya dalam membangun komunikasi dengan orang terdekat adalah dengan mengirimkan pesan suara. Fitur-fitur tersebut merupakan dampak baik dari penggunaan elektronik atau virtual.

Baca Juga: Digitalisasi Arsip: Pengertian, Manfaat, dan Langkah Pelaksanaan

2. Kemudahan Akses Informasi 

Dampak digitalisasi selanjutnya adalah kemudahan dalam akses informasi. Kemudahan ini dapat Anda rasakan selama menyelami media sosial atau situs laman berita baik lokal maupun mancanegara. Anda bisa menyaring situs berita terpercaya untuk mendapatkan informasi secara akurat dan cepat.

3. Peningkatan Kualitas Pendidikan

Selain itu, adanya era virtual telah membantu dalam perkembangan sistem pendidikan bagi masyarakat. Adanya teknologi yang canggih menyediakan fasilitas pendidikan secara virtual bagi semua kalangan masyarakat. Pembelajaran online merupakan contoh paling umum sebagai peningkatan kualitas pendidikan.

Dampak digitalisasi pada pendidikan dapat Anda rasakan selama pandemi Covid-19 berlangsung hingga saat ini. Adanya e-learning selama pandemi sangat membantu untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan meskipun ajaran tatap muka dibatasi.

Baca Juga: Digitalisasi Desa: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

b. Dampak Negatif Digitalisasi

Selain itu, ada juga dampak buruk yang bisa Anda rasakan selama era virtual dimulai. Berikut ini adalah poin-poin lengkap yang bisa Anda simak. 

1. Kesenjangan Sosial Melalui Jaringan Digital

Efek buruk dari penggunaan elektronik pada era virtual seperti sekarang ini akan menimbulkan sebuah kesenjangan antara masyarakat. Kesenjangan digital terjadi antara dua golongan masyarakat seperti kemudahan jaringan internet di kota dan di desa.

Tetapi, masyarakat juga perlu mendapatkan edukasi lebih perihal penggunaan gadget. Alasan dari pentingnya pengetahuan terhadap teknologi adalah untuk mendorong masyarakat menjadi lebih maju.

2. Rasa Ketergantungan

Dampak digitalisasi yang cukup berbahaya adalah rasa ketergantungan terhadap gadget. Perasaan ini dinilai dapat merusak sistem otak pengguna gadget karena dapat menjadikan seseorang candu terhadap penggunaan alat elektronik. Kondisi ini juga dapat mengganggu sistem kesehatan Anda.

3. Pengaruh Media Sosial Secara Berlebihan

Efek buruk lainnya dari penggunaan alat elektronik pada era virtual secara berlebihan adalah adanya pengaruh berlebih dari media sosial. Pasalnya, media sosial memegang pengaruh penting terhadap daya pikir Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu membatasi penggunaan media sosial agar tidak terpengaruh lebih jauh. 

Baca Juga: Memahami Konsep Digitalisasi Pendidikan di Indonesia

Apakah Anda Menikmati Era Virtual Sekarang Ini?

Era virtual menjadi ciri utama atas perkembangan zaman yang terjadi di lingkungan masyarakat. Tetapi, ada beberapa dampak digitalisasi yang menjadi sorotan bagi Anda seperti adanya dampak negatif dari penggunaan media sosial. Selain dampak buruk, penggunaan gadget pada era digitalisasi juga membawa dampak baik.

Anda bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan akurat dari situs-situs bacaan ataupun media sosial. Penggunaan jaringan internet juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kemudahan yang bisa Anda rasakan dari penggunaan barang digital. 

RackH menyediakan jasa Internet Connectivity untuk mempermudah komunikasi Anda. Selain konektivitas jaringan internet yang cepat, Anda juga bisa menikmati fitur lain seperti keamanan data terpercaya. Penasaran? Ayo segera daftar Internet Connectivity milik RackH untuk merasakan fitur internet terbaik!