Metro Ethernet: Pengertian, Cara Kerja Dasar dan Perannya

Transformasi digital telah mengubah cara bisnis beroperasi, namun tantangan konektivitas sering menghambat kemajuan bisnis industri. Untungnya, teknologi metro Ethernet adalah solusi penting yang dapat mengatasi hambatan tersebut.

Namun, tahukah Anda bagaimana teknologi ini dapat membantu Anda seutuhnya? Yuk, simak penjelasan artikel ini!

Apa Itu Teknologi Metro Ethernet?

Metro Ethernet adalah teknologi jaringan yang menyediakan konektivitas dalam wilayah metropolitan atau perkotaan besar. Teknologi ini menggunakan standar Ethernet untuk menghubungkan beberapa jaringan lokal (LAN) dalam area perkotaan.

Dengan sistem jaringan multipoint yang saling terhubung, kecepatan  layanan internet dapat mencapai 10 Mbps hingga 100 Gbps, tergantung pada kebutuhan dan infrastruktur yang tersedia. Lantaran memanfaatkan jaringan serat optik yang cukup andal, metro Ethernet dapat menjangkau dalam skala seluruh kota atau lebih luas lagi. 

Metro Ethernet bukan hanya tentang menyediakan konektivitas yang lebih luas, namun juga menawarkan kecepatan, keandalan, dan fleksibilitas yang Anda perlukan untuk mendukung digitalisasi industri. Dengan kemampuan adaptasi yang tinggi, teknologi ini menjadi tulang punggung infrastruktur jaringan yang dapat Anda andalkan.

Cara Kerja Metro Ethernet

Secara teori, jaringan ini terhubung dengan saklar dan router yang terhubung dari point satu ke point lain dengan cara kerja yang mirip seperti jaringan pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak beberapa tahapan berikut ini!

1. Jaringan Inti (Core Network)

Jaringan inti akan menghubungkan berbagai lokasi atau point melalui backbone berkecepatan tinggi. Infrastruktur ini menggunakan serat optik dan perangkat keras canggih untuk memastikan konektivitas yang cepat dan andal.

2. Jaringan Akses (Access Network)

Metro Ethernet adalah teknologi yang memanfaatkan jaringan akses untuk menghubungkan tiap point ke jaringan inti, melalui multi protocol label switching (MPLS) yang ada dalam jaringan inti. Sehingga, pengguna dapat menggunakan berbagai teknologi saat terhubung ke jaringan tersebut.

3. Ethernet Virtual Circuit (EVC)

Pada komponen EVC, akan timbul sebuah saluran virtual yang menghubungkan dua atau lebih titik dalam jaringan. Sehingga, jaringan dapat pengguna atur untuk berbagai keperluan, seperti konektivitas point-to-point atau multipoint, menjalankan sistem, manajemen server, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: IXP Adalah Internet Exchange Point, Ini Manfaat yang Penting

Peran Metro Ethernet untuk Transformasi Digital

Ada beberapa peranan yang membuat teknologi ini menjadi sistem yang banyak digunakan di era digital seperti sekarang ini. Berikut ini penjelasannya!

1. Konektivitas Berkecepatan Tinggi

Metro Ethernet menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi yang Anda perlukan untuk menjalankan aplikasi dan layanan digital secara efisien. Sehingga, dapat meningkatkan produktivitas dan memungkinkan transfer data dalam jumlah besar tanpa hambatan.

2. Skalabilitas dan Fleksibilitas

Teknologi ini juga sangat mudah user sesuaikan dengan kebutuhan bisnis, sehingga memungkinkan peningkatan atau penurunan kapasitas jaringan sesuai kebutuhan. Hal ini juga berpengaruh pada efisiensi biaya operasional, karena hanya perlu membayar kapasitas yang bisnis perlukan saja.

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Dengan menyediakan konektivitas yang andal dan cepat, metro Ethernet adalah solusi terbaik dalam mengurangi waktu henti dan gangguan operasional. Secara teori, tentu akan meningkatkan efisiensi operasional dan memungkinkan respon yang lebih cepat dengan terfasilitasinya komunikasi real-time dan kolaborasi antar pengguna.

4. Mendukung IoT (Internet of Things)

Teknologi ini juga dapat menangani volume data yang besar dan kecepatan tinggi seperti dalam pengaplikasian IoT. Hal ini tentu akan mendukung integrasi perangkat IoT yang beragam, serta meningkatkan efisiensi dan inovasi dalam berbagai sektor industri.

Baca Juga: Apa Itu Starlink? Ketahui Keunggulan dan Cara Kerjanya

Metro Ethernet Adalah Penting untuk Transformasi Digital

Dari penjelasan di atas, kini Anda tahu bahwa metro Ethernet memainkan peran penting dalam transformasi digital dengan menyediakan infrastruktur yang Anda perlukan untuk mendukung operasi bisnis lebih efisien. Dengan teknologi ini, perusahaan dapat mengadopsi inovasi digital lebih cepat dan lebih efektif.

Untuk itu, Anda perlu dukungan provider hosting terbaik seperti RackH untuk mendukung ketersediaan layanan server management dan cloud hosting yang andal dan terpercaya. Selain staf teknis andal dan terlatih, SOP dan layanan yang diberikan adalah yang terbaik di kelasnya.