Apa Itu Privasi Domain? Ini Fungsi dan 4 Kelebihannya

Di era digital yang semakin maju, privasi domain menjadi hal yang sangat penting bagi para pemilik situs website. Pasalnya, seiring dengan kemajuan teknologi, semakin banyak pula data pribadi yang terekspos secara online, sehingga membuat kita rentan terhadap berbagai ancaman keamanan siber.

Maka dari itu, salah satu cara efektif untuk melindungi diri Anda di dunia maya adalah dengan menjaga keamanan domain. Agar lebih memperdalam pemahaman Anda, mari simak penjelasan selengkapnya melalui ulasan di bawah ini!

Apa Itu Privasi Domain?

Privasi domain, atau sering disebut dengan perlindungan WHOIS, adalah layanan yang melindungi informasi pribadi Anda dari publikasi di database WHOIS. Pasalnya, saat Anda mendaftarkan sebuah domain, maka informasi pribadi seperti nama, alamat, dan kontak biasanya tersedia untuk umum melalui pencarian WHOIS. 

Oleh sebab itu, dengan memprivasi domain, maka Anda bisa menggantikan data pribadi Anda dengan informasi proxy atau informasi pihak ketiga, sehingga identitas asli Anda tetap terlindungi.

Baca Juga: Domain Privacy Protection: Manfaat Penting dan Penggunaannya 

Apa Fungsi Privasi Domain?

Memprivasi domain memiliki beberapa fungsi penting dalam melindungi informasi pribadi dan keamanan online. Adapun beberapa di antara fungsi tersebut, antara lain.

1. Membantu Mencegah Spam

Dengan informasi kontak yang tersedia untuk umum, tentu Anda lebih rentan terhadap spam email dan panggilan telepon yang tidak sah. Maka dari itu, memprivasi domain akan membantu Anda mencegah terjadinya spam.

2. Melindungi dari Pencurian Identitas

Berikutnya, privasi domain juga akan membantu Anda untuk melindungi diri dari pencurian identitas. Pasalnya, informasi pribadi yang tersebar luas dapat digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk berbagai tujuan jahat, termasuk penipuan identitas. 

3. Menjaga Keamanan Fisik 

Fungsi selanjutnya adalah membantu Anda menjaga keamanan fisik, dengan cara menyembunyikan alamat rumah atau kantor dari publik. Dengan kata lain, memprivasi domain juga sekaligus mengurangi risiko potensi ancaman atau serangan secara langsung.

Baca Juga: Apa Itu WHOIS Domain: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Kelebihan Menggunakan Privasi Domain

Menggunakan privasi domain menawarkan berbagai kelebihan yang signifikan bagi pemilik situs website. Selain melindungi identitas dan mencegah spam, berikut adalah beberapa kelebihan lain yang akan Anda dapatkan.

1. Kredibilitas dan Profesionalisme

Memprivasi domain Anda dapat memberikan kesan profesional dan menjaga reputasi bisnis. Alasannya karena Anda terlihat lebih peduli terhadap keamanan data yang sensitif.

2. Mencegah Telepon Penipuan

Dengan privasi domain, nomor telepon Anda tidak tersedia untuk umum. Secara tak langsung, hal ini akan mengurangi risiko panggilan telepon penipuan, yang mencoba memanipulasi informasi pribadi atau finansial Anda.

3. Mencegah Pencurian dan Pembajakan Domain

Tanpa domain privacy, informasi kontak Anda dapat digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencoba membajak domain. Artinya, layanan domain privacy akan membantu melindungi dari upaya penipuan, dengan menyembunyikan informasi penting Anda.

4. Mencegah Traffic yang Tidak Sah

Kelebihan privasi domain berikutnya adalah mencegah traffic yang tidak sah, dengan cara menyembunyikan informasi kontak Anda. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari ancaman yang mengganggu aktivitas online Anda, seperti kunjungan dari bot yang berpotensi bahaya atau tidak relevan.

Baca Juga: Apa Itu DNS Pribadi? Fungsi dan Cara Mengaktifkannya

Sudah Tahu Apa Itu Privasi Domain dan Fungsinya?

Memprivasi domain Anda dapat memberikan banyak keuntungan. Dari mencegah spam, melindungi dari pencurian identitas, hingga membantu menjaga keamanan fisik dengan menyembunyikan alamat pribadi.

Nah, jika Anda tertarik untuk melindungi informasi pribadi dan meningkatkan keamanan online, maka layanan Domain Name dari RackH adalah solusi tepat. Dengan layanan ini, Anda akan mendapatkan fungsi privasi domain dan perlindungan identitas asli dari akses publik

Domain Name akan memberikan keamanan ekstra dengan fitur Private WHOIS, Theft Protection, Domain Lock, DNS Management, Domain Secrets (EPP Code), Domain Forwarding, Email Forwarding, dan DNS Security. Dengan begitu, identitas Anda akan terjamin keamanannya dan terhindar dari ancaman siber.