Navigasi Website: Pengertian, Manfaat, dan Elemennya

Pengertian sederhana navigasi website adalah penuntun bagi pengunjung untuk mengeksplorasi sebuah situs internet. Mengutip dari laman Web.com (2023), kehadiran sistem navigasi atau penunjuk pada website, sama pentingnya dengan kehadirannya pada kendaraan bermotor.

Sebab, navigasi berperan menyederhanakan keseluruhan halaman, sehingga pengunjung lebih mudah dan cepat memahami maksud dari situs tersebut hadir. Lalu, apa sebenarnya deskripsi mendalam dari sistem navigasi website? Apa saja manfaat dan elemen-elemen di dalamnya? Simak hingga akhir artikel untuk mendapatkan jawabannya!

Pengertian Navigasi Website 

Jadi, navigasi website merupakan sebuah struktur sistem, yang berisi elemen-elemen dalam sebuah situs (laman internet), yang berfungsi sebagai peta atau petunjuk arah. 

Kemudian, apa itu fungsi navigasi dalam website? Berikut beberapa fungsinya, mengutip dari laman HubSpot Blog (2024):

  • Memudahkan pengunjung menemukan konten/topik/produk yang dicari;
  • Memastikan pengguna tidak tersesat atau melakukan pencarian rumit yang membuang waktu; serta
  • Menyederhanakan dan merapikan tampilan situs.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Membuat Struktur Website yang Baik untuk Pemula

Manfaat Navigasi Website yang Baik

Berdasarkan pengertian dan fungsinya di atas, tentu Anda memahami betapa krusial, alias pentingnya kehadiran navigasi pada suatu website. Oleh sebab itu, situs wajib memiliki sistem penunjuk yang baik, supaya dapat menghasilkan beberapa manfaat besar berikut ini.

  1. Memaksimalkan pengalaman pengguna dalam menjelajah website Anda, sehingga mereka akan menghabiskan waktu lebih lama menjelajah situs, karena merasakan kemudahan dalam menemukan yang dicari.
  2. Membantu optimasi halaman pada mesin pencari (SEO). Sebab, kehadiran navigasi memudahkan mesin pencari dalam memahami struktur situs, kemudian mengindeks konten dengan lebih baik, lalu menampilkannya pada urutan teratas.
  3. Meningkatkan konversi, dengan mengarahkan pengunjung ke menu-menu penting, seperti informasi situs atau produk, laman transaksi, dan formulir kontak. Jadi, pengunjung cenderung bertindak sesuai dengan arahan sistem navigasi yang Anda sertakan.
  4. Memperkuat dalam membangun citra/persona dan memasarkan bisnis, jika Anda berhasil menciptakan kenyamanan menjelajah pada pengunjung. 

Baca Juga: 7 AI Tools for SEO untuk Tingkatkan Optimasi Konten

Elemen-Elemen dalam Navigasi Website

Supaya dapat memenuhi fungsi dan menghasilkan manfaat-manfaat sebagaimana dijabarkan di atas, penting untuk memenuhi elemen-elemen penting dalam navigasi situs. Apa saja?

  1. Menu Utama: Terletak pada bagian atas atau samping website, berisi tautan yang mengarah langsung pada halaman-halaman lebih spesifik.
  2. Breadcrumb: Menampilkan jalur halaman dalam hierarki situs—tepatnya tanda panah dengan susunan halaman dari awal menjelajah. Ini membantu pengguna memahami posisi halaman yang tengah dieksplorasi serta memudahkan kembali pada halaman awal.
  3. Footer: Biasanya berisi tautan ke informasi website/instansi/korporasi/produk, seperti halaman kontak, tentang kami, atau kebijakan privasi.
  4. Tautan internal alias URL: Ada dalam konten unggahan di website dan mengarah ke halaman lain di situs yang sama. Biasanya, menunjukkan informasi atau produk yang masih berkaitan dengan tema konten yang tengah pengunjung jelajahi.
  5. Pencarian Situs: Umumnya dengan simbol kaca pembesar yang khas. Berguna untuk membantu pengunjung mencari informasi atau produk yang dibutuhkan melalui satu kata kunci, dengan mengetikkannya pada kolom yang tersedia.

Tips Membuat Navigasi Situs yang Baik

Membuat navigasi website adalah keharusan, jika Anda menginginkan lalu lintas situs selalu ramai. Selain menyertakan elemen-elemen di atas, Anda bisa mempraktekkan beberapa tips sederhana berikut.

  1. Buat sistem navigasi halaman yang jelas dan sederhana—terutama dari ikon dan labelnya.
  2. Pastikan navigasi tersebut responsif di semua perangkat, baik desktop, tablet, maupun ponsel.
  3. Buat navigasi yang dapat diakses dan dipahami semua orang—termasuk kalangan disabilitas.

Baca Juga: 8 Langkah Cara Membuat Portofolio Website Tanpa Coding

Solusi Membuat Navigasi Situs yang Cepat dan Tepat!

Bila Anda merasa pusing dengan persoalan navigasi ini, sebaiknya mengandalkan layanan Web Design and Development dari RackH. Anda hanya perlu menyampaikan konsep situs yang diinginkan, maka tim profesional RackH akan bergerak mewujudkannya—termasuk membuat sistem navigasi yang baik.

Proses konsultasi menjadi tahapan pertama pengerjaan, kemudian pembuatan desain, pengembangan, uji coba, baru setelah Anda setuju, website akan diluncurkan secara resmi. Jadi, Anda tidak perlu lagi pusing membuat konsep dan menyiapkan pengaturan—termasuk sistem navigasi rumit. Serahkan semua pada RackH!