Blogwalking adalah Tips Jitu Menarik Visitor Blog, Apakah Benar?

Blogwalking adalah salah satu trik untuk mendapatkan banyak pengunjung blog Anda. Istilah ini sudah tidak asing lagi bagi blogger. Namun, jika Anda salah satu blogger pemula yang masih bingung dengan hal tersebut, artikel ini hadir untuk membantu Anda menemukan arti, manfaat, serta cara menggunakan trik tersebut.

Apa Saja Fungsi Blog yang Menjadi Peminat Blogger?

Istilah blogwalking adalah aktivitas yang blogger lakukan dengan cara mengunjungi berbagai blog milik orang lain. Dalam kegiatan ini, blogger biasanya meninggalkan jejak berupa interaksi seperti komentar yang berisikan tentang isi konten yang mereka baca bahkan memberikan link menuju konten mereka.

Faktanya, cara ini bukan hanya berguna bagi penulis blog namun juga penulis lainnya guna memperluas jaringan. Dengan begitu, kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan, baik pemilik blog maupun si blogwalker untuk meningkatkan traffic website.

Namun, selain untuk menaikkan trafik, terdapat manfaat lainnya yang dapat Anda pertimbangkan untuk menciptakan blog yang sukses. Apa saja manfaat tersebut? 

Baca Juga: 3 Tips Penting untuk Memilih Niche Blog yang Tepat

Tujuan Blogwalking adalah Menarik Pembaca, Apa Saja Manfaat Lainnya?

Seperti penjelasan sebelumnya tentang apa itu blogwalking, sekarang Anda perlu memahami seberapa penting hal tersebut untuk blog Anda. Meskipun hal ini bukanlah hal yang wajib Anda lakukan, namun memanfaatkan keuntungannya dapat menjadi alternatif untuk membuat banyak pengunjung blog.

Meskipun manfaat blogwalking adalah untuk trafik, ada manfaat lain yang dapat Anda temukan, seperti:

  • Sebagai sarana menjalin tali silaturahmi antar blogger
  • Mendapatkan ide-ide baru
  • Memperluas jaringan atau networking
  • Menggali informasi baru
  • Meningkatkan visibilitas secara daring
  • Mendapatkan inspirasi konten baru
  • Memperoleh bahan evaluasi blog Anda
  • Mempromosikan blog Anda
  • Memahami tren-tren industri saat ini
  • Meningkatkan keterampilan menulis konten atau blog
  • Untuk mendapatkan backlink berkualitas
  • Media menarik banyak pengunjung
  • Mudah berbagi pengetahuan dan pengalaman
  • Mengasah skill analisis konten berkualitas

Dengan mengetahui manfaat-manfaat yang berguna tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi untuk menambah jumlah pengunjung blog. 

Baca Juga: 5 Manfaat Blog untuk Aktivitas Individu dan Bisnis, Wajib Tahu!

Cara Memanfaatkan Blogwalking agar Blog Anda Sukses

Sebagai blogger pemula, tentu Anda berpikir menggunakan cara yang ampuh dalam menarik banyak pembaca selain membuat konten dan tulisan yang berkualitas. Misalnya, Anda dapat memanfaatkan cara blogwalking. Teknik ini merupakan metode yang cukup populer bagi para blogger

Untuk memulainya, Anda perlu melakukan cara seperti:

1. Buat Daftar Blog dengan Niche yang Sama

Langkah pertama dalam blogwalking adalah membuat daftar-daftar blog yang sesuai dengan niche (topik) Anda. Metode ini akan menghemat waktu untuk mencari blog yang sama dengan bisnis Anda. Setelah itu, Anda dapat melakukan proses mengunjungi blog lain dengan lebih terarah dan terukur.

2. Bacalah Konten Secara Menyeluruh

Anda bisa membaca tulisan secara menyeluruh pada blog yang sudah masuk pada list. Dalam metode ini, Anda akan lebih mudah memberikan komentar sesuai informasi yang tertera pada konten. Selain itu, hal tersebut juga menunjukkan Anda memberikan rasa hormat terhadap penulis.

3. Saatnya Tinggalkan Komentar yang Baik

Setelah membaca konten pemilik blog, saatnya Anda memberikan komentar yang relevan, sopan, dan hindari spam. Anda bisa meninggalkan komentar yang unik dan tidak biasa namun harus tetap berhubungan dengan konten untuk membuat kesan yang baik. 

Kemudian, untuk menyertakan link Anda, pastikan memberikan konten yang bijak dan masih relevan dengan blog tersebut. 

Baca Juga: 2 Cara Membuat Sitemap di Blogspot dengan Mudah

Saatnya Dapatkan Lonjakan Pengunjung!

Setelah memahami pengertian, tujuan dan caranya, sekarang Anda paham bahwa metode blogwalking adalah tips yang cukup ampuh untuk meningkatkan kualitas blog. Manfaatnya juga banyak, bagi pemilik blog maupun orang yang mendatangi tiap situs. 

Semua itu akan menjadi lebih sempurna jika Anda mampu menciptakan tampilan blog yang menarik dengan memanfaatkan jasa pembuatan desain blog dari RackH. Pasalnya, desain yang bagus juga bikin pengunjung betah. 

Desain yang RackH tawarkan tidak hanya untuk layar yang besar seperti komputer. Namun, Anda juga bisa mendesain untuk aplikasi mobile, lho. Tertarik? Mari mulai membuat blog yang luar biasa dan dapatkan banyak pengunjung!