7 Contoh Nama Domain yang Bagus dan Tips Memilihnya

Salah satu hal yang wajib Anda ketahui saat membangun website adalah contoh nama domain yang bagus. Bukan tanpa alasan, nama domain merupakan alamat untuk mengakses situs Anda, sekaligus mencerminkan identitas secara digital. 

Oleh karenanya, nama domain yang tepat akan mempengaruhi seberapa mudah pengunjung menemukan website Anda. Bagi Anda yang mencari inspirasi nama domain, berikut adalah beberapa contoh yang bisa Anda pelajari!

7 Contoh Nama Domain yang Bagus sesuai dengan Isinya

Nama domain biasanya digunakan untuk menggambarkan jenis bisnis atau layanan, sehingga membuat pengunjung lebih mudah mengingat dan mengenalinya. Di bawah ini adalah contoh-contoh nama domain yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Researchgate.net

Domain ini menggambarkan sebuah situs website yang fokus pada jaringan penelitian dan kolaborasi akademis. Kata “research”  memberikan gambaran yang jelas bahwa situs ini berhubungan dengan riset ilmiah.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Nama Domain yang Bagus untuk Website Anda!

2. Shopmania.com

Contoh nama domain yang bagus berikutnya adalah Shopmania.com, yang mengarah pada bisnis e-commerce. Selain itu, kata “mania” memberi kesan antusiasme berbelanja, sehingga membuatnya semakin menarik.

3. Strategicconsulting.com

Nama domain ini mencerminkan fungsinya sebagai layanan konsultasi strategis. Penggunaan kata “strategic” menunjukkan fokus bisnis yang menawarkan saran dan solusi dalam pengambilan keputusan bisnis.

4. Ruangguru.com

Di Indonesia, contoh nama domain yang bagus dan sesuai dengan isinya adalah ruangguru.com, yang relevan dengan  pendidikan online

Kata “ruang” mengisyaratkan tempat atau platform dan kata “guru” yang menunjukkan fungsinya sebagai situs pembelajaran.

5. East.vc

Singkat dan to the point, “VC” mengacu pada venture capital, menunjukkan situs ini berhubungan dengan investasi dan pendanaan startup. Sedangkan nama domain East, menunjukkan bahwa sasaran situs ini adalah pengunjung dari kawasan timur.

6. Techinsights.com

Contoh nama domain yang bagus berikutnya adalah techinsights.com, yang berfokus pada berita atau ulasan teknologi. Kata “insights” mengisyaratkan bahwa situs menawarkan konten tentang perkembangan terbaru di dunia teknologi.

7. Growth.design

Ekstensi “.design” menunjukkan bahwa nama domain biasanya digunakan untuk mencerminkan bisnis yang berfokus pada desain. Nama growth.design ini merujuk pada layanan yang membantu perusahaan berkembang, melalui strategi desain yang efektif.

Baca Juga: Daftar Nama Domain Selain .com yang Populer, Layak Dicoba?

Tips Memilih Nama Domain yang Bagus

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih nama domain yang sesuai dengan bisnis.

  1. Pilih Nama yang Singkat dan Mudah Diingat. Nama domain yang singkat akan memudahkan pengunjung mengingatnya dan kembali ke situs Anda. Maka, hindari penggunaan karakter khusus atau angka yang dapat membingungkan.
  2. Relevan dengan Isi Situs. Contoh nama domain yang bagus adalah yang mencerminkan produk atau layanan. Misalnya, jika situs Anda berfokus pada penjualan produk fashion, nama www.trendfashion.com lebih relevan, daripada www.bisnisku.com.
  3. Ekstensi yang Tepat. Beberapa ekstensi seperti .com, .net, atau .org adalah yang paling umum. Namun, jika Anda menargetkan audiens tertentu, ekstensi seperti .id (untuk Indonesia) menjadi pilihan tepat.
  4. Gunakan Generator. Jika merasa kesulitan memilih contoh nama domain yang bagus, maka cobalah menggunakan alat bantu seperti generator nama domain untuk mendapatkan ide-ide segar.
  5. Unik. Pastikan nama domain yang Anda pilih tidak mirip dengan merek atau domain lain yang sudah ada, untuk menghindari potensi masalah hukum di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Manfaat Sistem Penamaan Domain, Apa Saja? Yuk, Simak!

Siap Pilih Nama Domain yang Bagus untuk Bisnis Anda?

Mengetahui contoh nama domain yang bagus dapat memberikan gambaran ketika Anda hendak memilih nama situs bisnis online yang mudah diingat, relevan dengan isi situs, dan mencerminkan layanan atau produk.

Setelah memilih nama domain yang tepat, langkah berikutnya adalah mendaftarkannya melalui penyedia layanan domain yang andal, seperti RackH. Melalui layanan Domain Name, Anda dapat mendaftarkan domain dengan berbagai ekstensi populer, serta jaminan keamanan private WHOIS dan Domain Lock.

RackH juga menawarkan harga yang terjangkau dan paket yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Selain itu, dengan dukungan pelanggan 24/7, maka Anda tak perlu khawatir ketika mengalami kendala.