Contoh Email Penawaran Kerjasama untuk Kepentingan Bisnis

Dalam dunia bisnis, contoh email penawaran kerjasama menjadi salah satu media promosi efektif yang kerap dibutuhkan para pelaku usaha. Melalui surel ini, para pelaku usaha tidak hanya mampu menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan, melainkan juga memperoleh laba bisnis yang besar pula.  

Meskipun terlihat mudah, pembuatan email penawaran tersebut tidak boleh sembarangan. Selain menggunakan kalimat yang formal, pelaku usaha juga harus menggunakan domain email bisnis yang profesional. Berikut ini informasi mengenai surel penawaran kerjasama secara detail.

Pentingnya Email Penawaran Kerjasama

Sebagai bentuk komunikasi digital, surel penawaran kerjasama adalah jenis email yang berisi informasi spesifik tentang permintaan, iklan, atau relasi bisnis. 

Selain berfungsi untuk promosi produk atau layanan bisnis, jenis email ini juga bisa pelaku usaha gunakan sebagai balasan surat permintaan penawaran dari calon pengusaha lain. 

Baca Juga: 3 Contoh Email Bisnis yang Perlu Diketahui

Tips Membuat Email Penawaran Kerjasama 

Tahukah Anda? Contoh email menawarkan kerjasama ke perusahaan lain harus menarik untuk membuat perusahaan yang Anda tawari tertarik melakukan kolaborasi bisnis. Berikut 4 tips jitu untuk membuat surel penawaran kerjasama yang dapat Anda terapkan.

  • Gunakan alamat email profesional

Alih-alih menggunakan email pribadi, perusahaan bisa memanfaatkan alamat email profesional untuk menghadirkan identitas perusahaan yang terpercaya dan membantu calon perusahaan mitra mengenali merek dengan baik. 

  • Gaya bahasa harus formal

Email bisnis mempunyai ciri khas formalitas, sehingga perlu menggunakan gaya bahasa yang cenderung sopan dengan struktur email yang lebih sistematis dan rapi. 

  • Pastikan subject email menarik

Agar tidak terkesan monoton, pelaku usaha bisa menggunakan subject email yang menarik untuk memikat perhatian penerima dan mendorongnya untuk membuka email. 

  • Isi email harus to the point

Supaya surel penawaran kerjasama cepat disetujui, maka isi email bisnis harus ringkas, padat, dan jelas. Pastikan juga untuk tidak mengulang kata dan informasi yang sama untuk mencerminkan konsep komunikasi yang efektif.  

Baca Juga: 7 Contoh Email Blast dengan Kata-Kata Menarik untuk Bisnis

Contoh Email Penawaran Kerjasama

Sebagai referensi, berikut contoh email penawaran kerjasama jasa yang dapat pelaku usaha terapkan untuk kepentingan bisnis. 

Subject: Penawaran Kerjasama – Jasa Transportasi

Isi email:

Kepada PT Indo Chiki

Kami PT Jaya Carter merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi serta kurir di Jawa Barat. Melalui email ini, kami menawarkan proposal kerjasama untuk melakukan seluruh pengiriman pesanan kuliner di setiap proyek PT Indo Chiki. 

Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan detail penawaran yang mencakup  proposal perancangan, Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan manfaat kolaborasi untuk kedua belah pihak yang terkait. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi website www.jayacarter.com untuk meninjau informasi pengalaman kerja kami. 

Demikian surat penawaran kerjasama kami sampaikan. Atas segala perhatian dan kesempatan Anda, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya, 

Christian Robert

CEO PT Jaya Carter

Baca Juga: Wajib Tahu, Contoh Email Penawaran Produk untuk Bisnis!

Tertarik Membuat Email Penawaran Kerjasama untuk Kepentingan Bisnis?

Pada intinya, surel penawaran kerjasama berfungsi sebagai alat krusial untuk perkenalan formal dan kehadiran peluang bisnis yang lebih potensial. Melalui  pemahaman dan contoh email penawaran kolaborasi di atas, pelaku usaha mampu menjaring pebisnis mitra yang sesuai dengan profil dan kebutuhan penerima. 

Untuk memaksimalkan kepercayaan pebisnis mitra, RackH, perusahaan IT ternama di Indonesia, menghadirkan rekomendasi layanan email hosting dengan nama domain khusus untuk citra merek perusahaan yang kredibel. 

Dengan dukungan teknis 24 jam dan server email yang terbaik, RackH siap menghadirkan performa layanan email yang tak terduga. Baik paket limited atau unlimited, layanan email hosting ini telah hadir dengan fitur Ddos Protection untuk menjamin fungsi privasi server dari potensi ancaman siber. 

Untuk informasi lebih lanjut, cek informasi selengkapnya disini!